Slide show

[mobil][slideshow]

A-4 Skyhawk; Pesawat Murah dan Handal yang Layak Direka Ulang

Baca yang Lain

MADEININDONESIA -- Pesawat A-4 Skyhawk buatan McDonnell Douglas AS, merupakan pesawat murah dan handal. Harganya hanya US$2-4 juta.

Pesawat ini dibuat dengan buru-buru untuk menghadapi perang Vietnam. Hasilnya, pesawat dirancang semurah mungkin dan dengan spare part yang mudah didapat di mana saja.

Indonesia pernah mempunyai pesawat seperti ini, walau sebenarnya dikhususnya untuk pendaratan di kapal induk.

Walau AS teah memensiunkan pesawat ini, Brasil sampai saat ini masih menggunakannnya untuk menunjang kapal indulk. Perusahaan Embraer bahkan meng-upgradenya dengan sistem termutakhir.

Bila banyak negara memilih untuk belajar membuat pesawat dari F-5, maka Indonesia bisa saja belajar mereka ulang pembuatan pesawat temput dari model ini.

Apalagi bila suatu saat Indonesia benar-benar memiliki kapa induk, pengetahuan dari mereka ulang pesawat ini akan sangat bermanfaat untuk menciptakan versi naval.

Di beberapa forum diskusi, para netizen juga mendesak pihak pemerintah untuk menghidupkan kembali pesawat ini. Ada yang beranggapan bahwa untuk versi UAV atau drone pun pesawat ini juga cukup handal.

Dorongan ini dapat dimakslumi karena mimpi membuat pesawat termpur bersama Korea Selatan, samapi saat ini masih terkendala. (*)







Menu Utama | Tentang Kami | Layanan Media Partner | Tukaran Link 
loading...

Roket

[roket][stack]

Teknologi

[technology][grids]

Kapal Perang

[kapal][btop]