Slide show

[mobil][slideshow]

Perbandingan Antara Mesin Turbojet Indonesia dengan Buatan Turki dan Iran

Baca yang Lain

MADEININDONESIA -- Pembangunan mesin turbojet nasional di berbagai negara sangat berguna untuk tujuan sipil maupun militer. Mesin ini dapat mentenagai rudal, pesawat nirawak maupun hobbi aeromodeling dan rancang bangun pesawat mutakhir dengan skala model.

Berikut mesin tubojet buatan Indonesia dibandingkan dengan Turki (baca) dan Iran (Video)

Guna mendukung kemandirian dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) militer di Tanah Air, dosen Teknik Institut Penerbangan ITB, Firman Hartono, terdorong untuk mengembangkan teknologi mesin turbojet untuk misil jenis cruise. Penelitian telah dilakukan dan akan terus dilakukan pengembangan.

Misil jenis cruise adalah misil yang mampu terbang dengan jarak tempuh yang cukup jauh untuk mengejar target dan dengan ketinggian hanya kurang lebih dua puluh meter di atas permukaan laut. Kemampuan ini membuat misil jenis cruise mampu menghindar dari radar dan menjadikannya sebagai misil yang efektif. Misil ini terdiri atas bagian navigasi yang terkomputerisasi, bagian bahan bakar, dan bagian mesin penggerak misil. Mesin yang menggerakkan misil tersebut adalah mesin turbojet.

Mesin turbojet yang dikembangkan Firman Hartono dinamai Mesin Turbojet 500 N. Mesin ini tidak ia ciptakan sendiri, melainkan bekerjasama dengan rekan-rekannya yang lain dari bidang studi aerodinamika, termodinamika, perpindahan panas, teknik produksi, dan material. Mesin turbojet misil memang merupakan aplikasi dari banyak fokus keilmuan.

Firman mengaku, kriteria pembuatan mesin misil sendiri tergolong relatif tidak berat.

"Pengoperasian mesin misil yang biasanya hanya selama satu hingga dua jam membuat material dasar mesin mudah dicari di dalam negeri tanpa perlu impor dari luar. Kebetulan di Indonesia juga belum dikembangkan," kata Firman, seperti dilansir www.itb.ac.id.

Saat ini, jelas Firman, masih ada komponen-komponen lain dari mesin turbojet yang diciptakannya bersama rekan-rekan yang perlu dilakukan kajian lebih lanjut, seperti efisiensi bahan bakar atau kompresor mesin.

Mesin turbojet 500 N sebenarnya adalah mesin turbojet yang sederhana. Melalui modifikasi dan riset-riset lanjutan, Firman berharap dapat terus dilakukan perbaikan-perbaikan pada mesin turbojet tersebut. (sumber)



Menu Utama | Tentang Kami | Layanan Media Partner | Tukaran Link 
loading...

Roket

[roket][stack]

Teknologi

[technology][grids]

Kapal Perang

[kapal][btop]